Siapa sih yang tidak kenal dengan umrah? Bagi umat Islam tentunya kegiatan umroh tidaklah asing terdengar. Tak sedikit dari mereka kaum Islam yang mendambakan umrah bersama orang – orang tersayang. Umroh adalah kegiatan ibadah haji kecil yang dapat dilakukan pada saat yang sama dengan hari raya haji ataupun di hari lain.

Kegiatan umroh sangatlah fleksibel sehingga dapat disesuaikan dengan waktu luang. Jika dibandingkan dengan kegiatan ibadah haji besar, umrah dapat dikatakan memiliki harga lebih murah terlebih jika tepat memilih biro perjalanan umroh cerdas. Walaupun kegiatan umrah bukanlah suatu kegiatan yang utama, namun sangatlah dianjurkan bagi umat Islam untuk menjalankannya.

Jika melakukan ibadah haji besar anda akan menginap di Mina, namun ketika melakukan kegiatan umrah tidak akan menginap di Mina. Itulah yang membedakan antara umrah dan kegiatan haji besar. Pada dasarnya, hal lain yang dilakukan pada saat umrah dan ibadah haji besar sama saja seperti melakukai sai, ihram, tawaf dan tahalul.

Melakukan kegiatan umrah dilakukan dengan beberapa syarat, yang utama pastinya adalah beragama Islam. Selain itu memiliki akal dan baligh, merdeka, memiliki kemampuan serta anggaran dana yang tidaklah kecil jumlahnya.

Awas! Banyak Biro Paket Umroh Yang Menipu, Yuk Ketahui Ciri – Cirinya

Perkembangan jaman yang semakin modern membuat jumlah umat Islam yang berkeinginan melakukan kegiatan umroh semakin bertambah. Bahkan tak jarang jaman sekarang ini banyak yang dengan sengaja mendirikan biro perjalanan umrah guna melancarkan penipuannya. Untuk itulah, pentingnya memilih biro paket umroh cerdas agar perjalanan yang ditempuh tak hanya nyaman namun juga aman.

Sebelum memutuskan memilih, kenali terlebih dahulu ciri – ciri biro paket umroh yang mengatas namakan umroh cerdas untuk melakukan penipuan. Beberapa diantaranya :

  1. Tidak memiliki kantor tetap

Tentunya, banyak penawaran mengenai paket umrah menggiurkan dari sebuah agen atau perusahaan melalui brosur. Sebelumnya, cek terlebih dahulu dimana kantor atau pusat dari biro paket umrah tersebut meskipun kini pendaftaran dapat dilakukan secara online.

 

Jika memang alamat yang dituliskan pada brosur tidak sesuai ketika mengunjungi tempatnya, sebaiknya jangan dijadikan sebagai referensi untuk biro umrah anda.

  1. Pembayaran harus dilakukan di muka

Penipuan biro paket umrah dapat diihat dari cara pembayaran yang harus dilakukan di muka dengan jumlah yang tidak sedikit. Selain itu, mereka akan memberikan janji untuk memberangkatkan ibadah umrah pada waktu – waktu tertentu. Padahal, kegiatan umrah dapat dilakukan kapan saja selain waktu ibadah haji besar.

 

Biro paket umroh cerdas tidak akan memberikan peraturan untuk membayarkan di muka dan memberi janji palsu. Entah kemana larinya uang muka dengan jumlah besar tersebut, yang pasti jangan sampai anda yang akan melakukan umrah tertipu dengan janji manisnya.

  1. Selalu memberikan penawaran harga murah

Tidak ada kaum Islam yang menolak jika diberikan penawaran harga murah untuk berangkat umrah. Namun, dibalik harga yang murah diluar batas kewajaran itu adalah penipuan. Tanpa berfikir bagaimana dampak yang akan terjadi bagi biro itu sendiri dengan melakukan penipuan terhadap setiap orang yang akan melakukan umrah.

 

Harga yang biasa diberikan oleh biro paket penipu adalah 7 juta hingga 12 juta. Padahal, dengan harga 12 juta hanya dapat digunakan untuk membeli tiket pesawat menuju Arab Saudi. Hal – hal tersebutlah yang harus di curigai sebelum menentukan biro paket umroh cerdas.

  1. Website tidak resmi

Biro paket umroh terpercaya memiliki sebuah website yang telah terdaftar resmi dan dapat diakses dengan mudah dan cepat dengan google. Pikirkan kembali ketika mendapati penawaran biro perjalanan umrah yang tidak memiliki website resmi, terlebih jika website yang digunakan adalah blog gratis seperti wordpress dan blogspot.

  1. Pengalihan uang untuk hal lain

Uang hasil dari pembayaran yang dilakukan dengan jumlah yang banyak digunakan oleh biro paket penipu untuk melakukan penanaman modal. Ketika besar keuntungan yang didapatinya, maka anda akan tetap diberangkatkan umrah, namun sebaliknya ketika kerugian yang didapati sudah dipastikan agen penipu ini akan kabur dan tidak bertanggung jawab atas uang yang telah dibayarkan.

Hindari biro paket umrah penipu dan mulai lah menyeleksi agen umroh dengan lebih selektif untuk keamanan dan kenyamanan perjalanan selama umrah.