Jumlah peminat kegiatan Umroh terus mengalami peningkatan setiap tahunnya mengikuti perkembangan jaman yang semakin pesat. Keinginan umam muslim untuk melakukan ibadah Umroh semakin besar karena memang merupakan suatu ajaran agama. Banyak orang masih bingung apa perbedaan dari Umroh dan ibadah haji. Pada dasarnya apa yang diajarkan sama saja, namun yang membedakan adalah waktu dan tempat yang dikunjungi.

Indonesia merupakan negara dengan banyak penduduk muslim, sehingga tak sedikit dari masyarakat yang membuka bisnis travel Umroh guna mendapat keuntungan besar. Namun tak jarang dari masyarakat yang sering kali memanfaatkannya untuk hal – hal negatif dengan mengeruk keuntungan sebesar – besarnya dan berbuat curang.

Berkembangnya minat masyarakat Indonesia untuk membuka sebuah usaha travel Umroh sangat disetujui oleh pemerintah. Bahkan disedikan training khusus manajemen administrasi travel, program pemasaran Umroh dan haji. Melalui hal tersebutlah masyarakat semakin dipermudah untuk membuka usahanya.

Bahkan tak jarang dari beberapa mereka yang telah membuka usaha travel Umroh, juga melakukan pemasaran paket tour lainnya baik tour mancanegara maupun tour domestik. Bisnis travel yang melayani perjalanan umat muslim melakukan Umroh dapat pula dikembangkan dengan membuka bisnis lain yang berkaitan dengan hal – hal berbau muslim seperti, bisnis aksesoris muslim dan sebagai pusat busana muslim dan berbagai perlengkapan haji.

Peluang bisnis dari tour dan travel untuk Umroh ini sangatlah besar sehingga penghasilan tak perlu dikhawatirkan lagi, tinggal bagaimana kita mengatur strategi yang tepat untuk memajukan usaha di bidang tour dan travel ini. Pelayanan terbaik bagi para calon jamaah akan membawa kesuksesan dan kelancaran dalam melakukan bisnis ini.

4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuka Bisnis Biro Perjalanan Umroh

Membuka bisnis biro perjalanan bukanlah merupakan hal yang sederhana, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendirikan, diantaranya :

  1. Perizinan

Legalitas dan perizinan merupakan hal penting yang sangat perlu diperhatikan sebelum membuka sebuah bisnis. Biro perjalanan Umroh bukanlah bisnis kecil seperti berjualan roti keliling, dalam hal ini biro perjalanan Umroh sangat berjasa untuk membantu orang melaksanakan ibadahnya. Sudah dapat dipastikan bahwa sebuah agen travel terbaik memiliki sebuah surat izin resmi sehingga calon jamaah akan mempercayakan perjalanannya kepada biro anda.

  1. Menjalin kerjasama yang baik dengan bank

Menjalin suatu kerjasama yang baik dengan sebuah bank dapat dimanfaatkan oleh biro perjalanan  untuk menata dana tabungan para calon jamaah Umroh sehingga mereka dapat menabung sedikit demi sedikit untuk keberangkatan Umroh.

 

Tak hanya itu, melalui bank tersebut pihak travel dapat meminta bank untuk mempromosikan dan mencari calon jamaah untuk berangkat Umroh, tinggal mengatur berapa persen hasil keuntungan akan dibagi.

  1. Melakukan promosi

Di era digital ini, promosi dapat dilakukan melalui media sosial. Banyak media sosial yang dapat digunakan untuk mempromosikan agen perjalanan Umroh seperti instagram dan facebook. Pasang iklan semenarik mungkin agar dapat membuat konsumen tertarik dengan biro perjalanan Umroh milik kita. Jangan lupa pula untuk menentukan target pasar secara spesifik.

  1. Menyediakan modal untuk membuat kantor

Tak hanya membutuhkan promosi secara online, namun diperlukan modal besar untuk sewa kantor sebagai tempat konsultasi mengenai perjalanan Umroh yang akan dijalankan. Modal yang diperlukan untuk kantor kisaran 50 juta hanya untuk biaya operasional dan sewa kantornya.

 

Tidak ada salahnya jika mengalami kesulitan mencari modal, kemudian hutang kepada bank karena uang akan digunakan sebagai modal awal yang nantinya akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar dari modal awal.

Tips Menentukan Biro Perjalanan Umroh Terpercaya Bagi Calon Jamaah

Setelah membicarakan mengenai bisnis travel untuk perjalanan Umroh, kini saat kita membahas mengenai bagaimana calon jamaah seharusnya menentukan biro perjalanan yang akan digunakan untuk melaksanakan ibadah Umroh.

Tak hanya dibutuhkan uang yang cukup untuk melaksanakan ibadah Umroh, namun juga keamanan serta kenyamanan dalam perjalanan dan saat tiba di tempat tujuan. Dalam hal ini, mencari suatu biro perjalanan Umroh bukanlah hal yang mudah, diperlukan ketelitian dalam melakukan penyeleksian karena sangat menentukan keamanan dan kenyamanan dalam perjalanan nantinya.

Penyeleksian dilakukan secara selektif oleh calon jamaah dengan memperhatikan beberapa hal diantaranya :

  1. Jangan mudah tergiur oleh tawaran harga murah

Siapa sih yang tidak ingin berangkat Umroh dengan harga murah? Tentunya setiap calon jamaah sangat mendambakannya. Kini telah banyak beredar promosi tentang biro perjalanan Umroh dengan iming – iming harga yang lebih murah dibanding dengan biro perjalanan lainnya.

Banyak dari calon jamaah yang langsung tergiur dengan tawaran harga promo tanpa memikirkan hal lainnya. Tips sebelum menentukan adalah dengan mencari informasi dari berbagai sumber dan memperhitungkan dana sesungguhnya seperti harga tiket pesawat pulang pergi, visa, makan, serta pemberian bonus dari biro perjalanan berupa oleh – oleh dari setempat.

  1. Pilih biro perjalanan yang telah terdaftar resmi

Travel Umroh yang telah resmi terdaftar pasti tidak akan mengecewakan calon jamaah mulai dari awal pendaftaran hingga keberangkatan. Untuk saat ini, uang calon jamaah Umroh yang mendaftar secara langsung akan disetorkan kepada kementerian agama sehingga sebelum memilih harus benar – benar memperhatikan siapa penyelenggaranya.

Guna memastikan apakah biro perjalanan telah resmi terdaftar dapat dilihat melalui website milik kementerian agama dengan memasukkan nama biro perjalanan tersebut.

  1. Mengetahui kinerja dari travel Umroh

Salah satu hal terpenting yang harus dipastikan sebelum menentukan biro perjalanan untuk Umroh adalah mengenali bagaimana kinerja dan reputasi dari biro perjalanan tersebut.

 

a beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui kinerja dari biro perjalanan yaitu dengan melihat bagaimana performa dan hasil review calon jamaah yang pernah bergabung melalui internet. Atau dapat pula menanyakan hal – hal yang berkaitan dengan perjalanan Umroh kepada saudara dan teman yang telah mengenal biro perjalanan Umroh tersebut. Pastikan bahwa anda memilih agen travel untuk perjalanan Umroh dengan tepat agar perjalanan dapat berjalan dengan aman dan nyaman.

  1. Memastikan tanggal keberangkatan

Jika ibadah haji besar hanya dapat dilakukan pada waktu – waktu tertentu, berbeda hal dengan ibadah Umroh. Kegiatan Umroh dapat dilakukan kapan saja tanpa perlu menunggu giliran selama bertahun – tahun.

Suatu agen travel perjalanan Umroh akan mendapatkan jumlah visa pada setiap keberangkatan Umroh yang dilakukan. Jangan pilih agen travel jika memberikan janji keberangkatan Umroh dengan menunggu selama 1 hingga 2 tahun.

  1. Pastikan fasilitas yang diberikan saat perjalanan

Untuk mendukung terlaksananya Umroh, diperlukan beberapa fasilitas dari agen travel. Biasanya suatu agen travel terpercaya akan memberikan berbagai pilihan paket perjalanan beserta dengan fasilitas yang akan didapatkan.

 

Beberapa fasilitas pendukung yang biasa diberikan oleh agen travel terpercaya yaitu tiket pesawat pulang pergi beserta nama pesawat, transportasi yang akan digunakan selama perjalanan Umroh, penginapan, pajak, makan dan visa.

Agen travel perjalanan Umroh terbaik akan memberikan pelayanan terbaiknya untuk para calon jamaah Umroh. Mulailah untuk melakukan penyeleksian secara selektif dan nikmati perjalanan Umroh bersama orang – orang tersayang dengan nyaman dan aman.