Tips Melakukan Umroh Backpacker

Pergi ke Tanah Suci dan melakukan ibadah disana merupakan salah satu impian yang dimiliki oleh semua umat muslim yang ada di seluruh dunia. Mereka ingin menyempurnakan ibadahnya dengan menjadi Tamu Allah. Ada banyak jasa travel yang menawarkan umrah dengan harga yang terjangkau. Namun bagi sebagian orang harga tersebut masih berat untuk dilakukan sehingga mereka memutuskan untuk tidak pergi ke Tanah Suci setelah melihat biaya yang harus dikeluarkan jika harus mengikuti paket umroh yang ditawarkan oleh jasa travel.

Untungnya kini ada cara lain untuk pergi ke Tanah Suci dan dapat menekan biaya pengeluaran yang dimiliki. Cara tersebut adalah Umroh Backpacker. Ada banyak orang yang telah mencoba umroh backpacker ini dan mereka berhasil pergi ke Tanah Suci dengan harga yang murah. Cara ini juga lebih murah dan dapat dilakukan kapan saja. Walaupun lebih hemat, namun cara ini tidak bisa lepas dari berbagai resiko yang akan dihadapi oleh seorang backpacker. Salah satu cara untuk memperkecil resiko ketika berangkat umroh secara mandiri adalah dengan bergabung bersama komunitas Umroh Backpacker sehingga anda bisa mengumpulkan berbagai informasi. Berikut ini adalah tips untuk melakukan Umroh Backpacker yang perlu anda ketahui:

  1. Siapkan tiket pesawat

Para backpacker tentu saja akan sangat terbiasa untuk memesan tiket pesawat sendiri. Kebanyakan dari mereka suka berburu tiket-tiket murah yang sedang promo. Saat ini ada banyak maskapai penerbangan yang menawarkan low cost carrier yang membuka rute penerbangan menuju Jeddah. Tentu ini akan sangat menguntungkan bagi para pecinta tiket murah. Selain itu, jika anda tertarik untuk melakukan Umroh Backpacker anda dapa memilih maskapai penerbangan lain yang memadukan beberapa connecting flight. Pilihan maskapai penerbangan dapat dipilih sendiri namun anda wajib memiliki pengaturan waktu yang mendetail agar tidak ketinggalan pesawat. Biaya tiket pesawat yang disiapkan sendiri akan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan membeli di agen-agen travel.

  1. Urus visa di Biro travel

Untuk pergi ke Arab Saudi anda tentu memerlukan visa sebagai salah syarat yang harus dipenuhi. Untuk mengurusnya tidak bisa dilakukan secara perorangan, melainkan harus dilakukan secara kolektif. Oleh sebab itu anda bisa mengurus visa untuk keberangkatan umroh dengan menggunakan biro atau jasa travel untuk memudahkan anda mendapatkan visa. Biaya yang diperlukanpun sekitar 75-100 USD untuk pengurusan visa. Jika visa sudah jadi maka anda tinggal berangkat ke Tanah Suci.

  1. Cari penginapan sendiri

Ketika mengurus visa, salah satu persyaratan yang akan diminta adalah menunjukkan bukti pemesanan kamar hotel yang berlokasi di Mekkah ataupun di Medinah. Jika anda menggunakan jasa travel maka biaya pengurusan visa akan satu paket dengan pemesanan hotel. Biayanya akan menjadi lebih mahal karena mereka akan memberikan anda hotel yang letaknya lebih dekat dan juga strategis. Untuk memangkas biaya pengeluaran yang akan anda keluarkan, anda bisa memesan hotel yang jaraknya agak jauh agar harganya lebih murah. Cara ini bisa dilakukan hanya untuk mendapatkan visa saja.

Tak perlu khawatir jika jarak hotel dengan Masjidil Haram atau Masjid Nabawi sedikit lebih jauh. Karena waktu yang akan anda habiskan disana adalah untuk beribadah. Hotel hanya akan dijadikan sebagai tempat istirahat untuk memulihkan kembali energi yang sudah terkuras seharian. Alternatif lain selain hotel anda bisa mencari apartemen yang disewakan di sekitar Masjidil Haram atau Mesjid Nabawi. Biasanya apartemen harganya jauh lebih murah. Untuk menghemat biaya anda bisa melakukan Sharing Room dengan teman atau backpacker lainnya.

  1. Usahakan pergi dengan membawa teman

Jika biasanya backpacker selalu identik dengan bepergian sendirian. Namun ketika anda memutuskan untuk melakukan Umroh Backpacker usahakan untuk tidak pergi sendirian apalagi ini adalah kali pertama. Anda bisa bergabung dengan komunitas Umroh Backpacker dan mencari teman untuk keberangkatan. Hal ini akan memperkecil resiko anda tersesat ketika berada di Mekkah atau Madinah atau resiko-resiko lainnya yang bisa terjadi ketika pergi sendirian. Cara ini juga dapat membantu anda dalam memangkas biaya pengeluaran karena bisa dibagi dua atau dibagi bersama-sama.